100 Great Breads: The Original Bestseller

100 Great Breads: The Original Bestseller

IPS Bagaimana pengaruh kondisi fisikwilayah indonesia terhadap keragaman mata pencaharian penduduknya?

Bagaimana pengaruh kondisi fisikwilayah indonesia terhadap keragaman mata pencaharian penduduknya?

Jawaban:

Dampak keberagaman kondisi alam yang dimiliki indonesia terhadap mata pencaharian penduduknya adalah beragamnya pula mata pencaharian penduduk di Indonesia.

Rakyat Indonesia menekuni pekerjaan sebagai petani, pekebun, nelayan, dan petambang sesuai dengan lokasinya.

Penjelasan:

Wilayah Indonesia terdiri dari berbagai pulau yang memiliki variasi dalam kesuburan tanah, bentuk mua bumi dan sumber daya alam yang ada. Akibatnya terdapat beragam pula mata pencaharian penduduk di Indonesia.

Penduduk Indonesia sebagian besar bertani, terutama petani padi karena adanya lahan yang subur di dataran rendah yang cocok untuk budidaya padi. Pusat penanaman padi ada di Pesisir Utara Jawaa dan lereng-lereng gunung berapi di Jawa, bali dan Lombok, serta lembah-lembah subur di Sumatera Barat, Sulawesi Selatan dan lainya.

Namun banyak pula yang bekerja dengan melakukan budidaya tanaman prouksi di perkebunan. Ini biasa dilakukan di wilayah dengan kondiai alam bukit atau pegungungan dan dataran tinggi. Misalnya adalah budidaya kopi di Dataran Tinggi Gayo di Aceh dan di Dataran Tinggi Bajawa di Flores, atau perkebunan teh di Dataran Tinggi Parahyangan di Jawa Barat. Penduduk yang tinggal di kondisi alam dataran rendah yang memiliki curah hujan rendah tidak bercocok tanam, melainkan melakukan pembuatan garam. Proses ini mengalirkan air laut ke kolam penampungan untuk di uapkan dengan sinar matahari dan menghasilkan garam.Penduduk di wilayah dengan kondisi alam perairan banyak berkerja di bidangperikanan, baik penangkapan ikan maupun peternalan dalam keramba di aliran sungai dan danau.